Minggu, 25 Oktober 2015

TOU 2 (Teori organisasi dalam suatu kerangkaa sistem)

TEORI ORGANISASI DALAM SUATU KERANGKA SISTEM
Teori organisasi modern sebenarnya bukan merupakan kesatuan kerangka berfikir. Teori oranisasi moderen adalah multidisipiner yg konsep-kosep dan teknik-tekniknya dikembangkan dari banyak bidang studi sperti sosiologi, teori addministras, ekonomi, psikologi ekologi, operations, research, dan banyak bidang laiinya.
Faktor-faktor  yang menbedakan  kulalitas teori organisasi moderen dengan teori-teori organisasi lainnya adalah dasar konsepsual-analitiknya, ketergantugannya pada data riset empirik,dan atas semuanya sifat pemaduan dan pengintegrasiannya. Berikut akan diurngikan bermacam-macam unsur yg tercankupp daam analisis sistem, yaitu bagian organisasi suat sistem, interaksiya, proses-proses dan tujuan sistem. Peranan inovatif  sebagai usaha keseimbangan sangat diperlukan bila organisasi perlu menyesaikan diri dengan perubahan lingkungan eksternal untuk menjaga sistem tetap dalam keadaan seimbang.   
ORGANISASI (Keluaran suatu organisasi dalah masukkan bagi lingkungannya)   LINGKUNGAN(Keluaran lingkungan adalah masukkan bagi suatu organisasi)
Dua hal diatas, yaitu komunikasi  dan konsep kesembangan memberikan peikiran tentang sebuah model sibernetik (cybernetic modal). Sebernetik melakukan pengendalia dan memberikaan umpan baik dala semua jenis sistem. Ini dimaksudkanuntuk menjaga stabilitas sistemdala menghadpi peruahan. Proses pengambilan keputusan adalah variabel-internal dala suatu organisasi yang tergantng pada pekerjaan-pekerjaaan, harapan individu, motivasi yag tergantung pada pekerjaan-pekerjaan, harapan individu, motivasi dan struktur organisasi. Keptusan ini meliputi dua hal pokok, yaitu keputus untuk berproduksi dan keputusan untuk berartisipasi dala sistem.  Bagian-bagian dari system dan saling ketergantungannya.
1.    Individu dan struktur kepribadiannya yang diberikan kepada organisasi.
2.    Penentuan fungsi-fungsi formal, yang biasa disebut organisasi formal.
3.    Organisasi informal.
4.    Struktur status dan peranan.
5.    Lingkungan phisik pelaksanaan pekerjaan.

Proses-proses hubungan dalam system.
            Teori organisasi modern menunjukkan tiga kegiatan proses hubungan universal yang selalu muncul pada system manusia dalam perilakunya berorganisasi. Ketiga proses tersebut adalah
1.      komunikasi ,
2.      berusaha untuk mencapai keseimbangan, dan
3.      pengambilan keputusan.
             
Tujuan-tujuan organisasi
            Organisasi mempunyai tiga tujuan utama yang saling berhubungan. Tujuan-tujuan tersebut adalah pertumbuhan, stabilitas, dan interaksi. Ketiga tujuan organisasi itu akan membedakan bentuk organisasi dengan tingkat kompleksitas yang berbeda-beda. Persamaan dalam tujuan-tujuan tersebut juga telah diteliti oleh para ahli sejalan dengan pengembangan teori system umum.

Tujuan-ujuan organisasi
                Organsasi-organsasi mempunyai tiga tujuan utama yang saling berhubungan, seperti dalam kasus berbagai kompleks, atau hasil ahirnya saling tergantung. Tujuan-tujuan ini adalah pertumbuhan,sabilitas dan interaksi.  Ketiga tujuan organisasi itu akan membedakan bentuk organisasi dengan tingkat kompleksitas yang berbeda-beda. Persamaan dalam tujuan-tujuan tersebut juga telah diteliti oleh para ahli sejalan dengan pengembangan teori system umum.                                                    
Definisi organisasi menurut teori modern
                Bernard merupakan seorang ahli organisasi yang ertama kali mempnyai pegaruh atas pemikran perorganisasian modern.dia mendefinisikan organisasi formal sbagai suatu sistem kegiatan yg secara sadar dikordinasikan dua atau lebih orang. Kesimpulan tentang definisi organisasi menurut teori modern teori moderen mendefinisikan organisasi sebagai proses-proses yang tersusun dalam suatu sistem dimana orang-orang didalamnya berinteraksi untuk mencapai tujuan.
PENDEKATAN-PENDEKATAN MANAJEMEN
Perkembangan teori organisasi yang telah kita bahas dimuka, memberikan dasar munculnya berbagai pendekatan manajemen yang berbeda-bedaa.Berikut ini sebagai rangkuman akan dibahas pendektan-pendekatan manajemen, yaitu pendekatan proses,perilaku,kuantitatif,sistem dan “contingency” (situasional).
PENDEKATAN PROSES
                Pendekatan proses dalam menejemen jga disebut pendekatan fungsional,operasional, universal,tradisional, atau klasik.Para pencetus pendekatan ini bermaksud untuk mengindentifikasikan fungsi-fungsi manajemen. Fayol (ahli) mengemukakan ima fungsi manajemen :perencanaan,pengorgaisasian,pemberianperintah koordinasi dan pengawasan. Akronim ini berarti perencanaan(planning),pengorganisasi(organizing),penyusun,personalia(staffing),pengarah(directing),pengkordinasian (coordinating),pelaporan(reporting) dan pengarangan(budgeling). Proses-proses ini sekarang menjadi kerangka konsepsial prinsip-prinsip yang dugunakan hamir semua buku teks manajemen. Empat prinsip pendekatan proses klasik yang penting adalah: Kesatuaan perintah, persamaan wewenang dan tanggung jawab, rentang kendali yang terbatas, dan delegasi perkerjaan-pekerjaan rutin.
Pendekatan Perilaku
                Pendekatan perilaku (behavior apporoach) muncul karena ketidakpuasan terhadap pendekatan kasik. Pendekatan ini sering disebut juga pendekatan hubungan manusiawi (human relations approach)mengemukakan bahwa pendekatan klasik tidak sepenuhnya menghasilkan faktor perilaku angsing-masing individu yang berbeda-beda dalam organisasi Pendekatan perilaku menekankan pentingnya kperasi dan moral karyawan. Pusat bahan pendekatan ini adalah perhatian terhada para karyawan secara individual dan kelompok kerja .
Pendekatan Kuantitatif
 Pendekatan kuantitatif (quantitative approach) sering dinyatakan dengan istilah management science atau operations research (OR). Pendekatan ini terutama memandang manajemen dari perspektif model-model matematis dan proses-proses kuantitaif.
            Menurut pendekatan kuantitatif, masalah-masalah manajemen dapat dirumuskan dan dijabarkan dalam berbagai bentuk model matematis dan kemudian dianalisa serta dipecahkan dengan menggunakan berbagai teknik atau metode kuantitaif untuk memperoleh hasil optimum.
Pendekatan kuantitatif bukankeseluruhan maanajemen, tetapi memberikan teknik-teknik sangat efektif untuk penyelesaian masalah manajemen tertentu.

Pendekatan Sistem
            Pendekatan system dalam manajemen merupakan pendekatan yang ditetapkan paling akhir, dan dapat dipahami dengan sudut pandangan teori system umum atau analisis system. Pendekatan system terutama menekankan saling ketergantungan dan keterkaitan bagian-bagian organisasi sebagai keseluruhan. Pendekatan ini memberikan kepada manajemen cara memandang organisasi sebagai keseluruhan dan sebagai bagian lingkungan eksternal yang lebih luas. Organisasi dipandang sebagai system terbuka dan pada hakekatnya merupakan proses transformasi berbagai 
masukan yang menghasilkan keluaran. Pendekatana sitem tertutup mengabaikan pengaruh lingkungan, dilain pihak pendekatan sistem erbuka mempertimbangkan masukan-masukan ingkungan etapi tidak menghubungkan cara fungsional dengan knsep dan teknik manajeen yag mengarahkan pencapaian tujuan. Pendekatan  contingency dalam manajemen yang akan kita bicarakan selanjutnya melakukan hal itu.

Pendekatan Contingency (Situasional)
            Pendekatan Contingency bermaksud untuk menjembatani gap yang ada antra teori dan praktek ini , disamping itu pendekatan contingency memasukkan variabel lingkungan dalam analissnya, karena perbedaan kondisi lingkungan akan memerukanapikasi konsep atau teknik manajemen yang berbeda pula.
Pendekatan Contingency muncul karena ketidakpuasan atas anggapan keuniversalan dan kebutuhan untuk memasukkan berbagai variable lingkungan ke dalam teori dan praktek manajemen. Ada tiga komponen pokok dalam lerangka konseptual untuk pendekatan contingency : lingkungan , konsep-konsep dan teknik-teknik manajeman, dan hubungan kontingensi antara keduanya.
Tiga konsep proses organisasi menurut teori organisasi modern adalah:
a.       Komunikasi
b.      Keseimbangan
c.       Proses pengambilan keputusan

HAL. SELANJUTNYA 111-119 => http://rafiefakhrano.blogspot.co.id/

1 komentar:

  1. 99-110 Selanjunya di Teoriorganisasiumumanan.blogspot.com 111-120

    BalasHapus